Lencana Facebook

Rabu, 01 Desember 2010

BELAJAR DIKIT BAHASA SASAK KEREN YOOOOOK!!!!!!


Kalo ga ada kerjan pasti kayak gini nih…….ok kita mulai aja …..

Dalam bahasa sasak terdapat sasak halus dan sasak sedang-sedang (bukan kasar ya,,,,)
dengan bahasa sasak, kita dapat berkomunikasi dengan orang-orang lombok, ketika pembaca berlibur ke wisata lombok.
dan yang aku heranin adalah bahasa sasak dipelajari oleh turis-turis yang sering ke pantai lombok yaitu, pantai senggigi, kuta,gili terawangan, gili air, gili manuk.
loh..gimana kok turis belajar bahasa sasak yah....?
penulis pernah ngomong ketika pulang ke lombok dan disaat perjalanan menuju lombok, aku pernah samperin aku langsung bilang, i living in lombok sir, gitu bhs yg aku pke, akhirnya ia melontarkan omongannya dengan kata , embe side wahlaiq....aduuuh keren bgt turis ko bisa bhas sasak nih.....gitu ceritanya...
baik anak2ku  kita mulai yah…..
kita bahas percakpan sehari-hari aja …yah....
kata- kata dibawah ini sangat sering sekali kepake oleh anak muda jaman sekarang , so klo anda mow jadi orang  keren belajar bahasa sasak dong jangan bahasa inggris melulu, bhs inggris kan udah banyk yang bisa...jadi ,bahasa inggris tuh udah umum di jaman sekarang anak SD aja bisa..
   KATA GANTI ORANG YG SERING DI GUNAKAN
-saya:aku                - kamu:kamu         -dia:nie         -
penjelasan:kata di atas biasa umum
Contoh:nie ngepe =dia yg punya (nie disni pemakaiannya di gunakan untuk pr/laki)
-NAMA KELUARGA
-ibu:inak                  -bapak:amak         -kakak:kakak     -adik:arik
-paman:tuak             -bibik:saik            -kakek:papuk mame
Nenek:papuk nine    -abang:kakak       
PERBENDAHARAAN KATA
-cantik : inges   - jelek: lenge     -cakep: ganteng     -capek : lelah
-istirahat:mentelah     -ngantuk: ngantok      -minum:nginem
-makan:mangan, bekelor     -mandi:mandiq       - pergi: lalo     - membaca: bace, mace --  -kerja: begawean   -Gini:meni     -gitu:menu    -tunggu:antih
-sebentar: semendaq      -bagus: solah
- terlanjur : kedung
 -kamu jelek: kamu lenge
 -kamu cantik        : side inges
 - di : lek
 -sana : to
 -sini: te
 -ini: ni
 - itu: nu
 -disana: lek to
 -cewek muda: dedare
 -cowok muda: bajang
Contoh keren
gini caranya                 : meni entan
gitu caranya                 : menu entan
aku mele jok side         : aku suka ama kamu


maukemana ?                : embe laiq?
udah makan ?               :uwah mangan/ wah ngelor ?
gimana kabarnya?         : berembe kabarm ?
kamu sudah kemana ?   : embe uwah laiq ?
kamu asal mana ?          : embe asal side ?
kamu asli mana ?           : asli embe side ?
belajar bareng yuk ?       : berajah bareng entEh?
berapa no hape nya        : pire nomer hapen side

Saya sudah ke kampus        : uwah tiang lalo jok kampus
Aku baik2 aja kok        : aku solah2/ sehat meni wah.
Aku tinggal di lombok   : aku mero lek lombok
Saya sudah solat          : aku uwah sembahyang
Asli orang lombok        : aku asli dengan lombok(asli kanak lombok)
Aku laper                    : tiang lapah
Aku mau makan ama kamu        : aku mele mangan kamce side
aku mau ke warnet        : aku mele jok warnet
aku mau solat            : aku mele sembahyang
aku mau pergi            : aku mele lalo
aku mau minum            : tiang mele nginem
aku mau mandi            : aku mele mandiq
makasih                : tampiasih
jika kalimat (aku) tidak di ucapkan bisa di singkat menjadi,
contoh: (saya mau makan)     : meleng mangan/  meleng ngelor
    kalimat (mele) kalo di tambah dengan hurup (ng) jadi aku mau
bahasa sasak bisa di jumpai di lombok tengah, timur, barat,utara, mataram.
 Dengan diale-dialek yang ber beda, yang aku tulis diatas adalah dialek lombok tengah bagian timur.

nb: sory yah tulisannya ga rapi...so sorry   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BAJANG KESAIT © 2008. Design by :Yanku Templates Sponsored by: Tutorial87 Commentcute